Perkembangan Pabrik Kaos di Jogja

Perkembangan Pabrik Kaos di Jogja

Kaos bukan lagi hanya sekedar pakaian rumah atau pakaian tidur. Kini kaos sering dipakai untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan formal atau non-formal. Hal ini membuat mulai maraknya industri atau pabrik yang memproduksi kaos, seperti beberapa pabrik kaos di Jogja. Selain karena bahannya yang nyaman dan mudah menyerap keringat, harganya pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, kaos juga cocok digunakan oleh siapa saja tanpa ada batasan usia maupun gender.

Sejarah kaos sendiri cukup panjang. Konon, kaos sendiri berasal dari luar negeri kemudian dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia. Pada saat itu belum banyak toko yang menjual kaos dikarenakan sulit didapat. Pada jaman Belanda, kaos sendiri memiliki tingkat gengsi tersendiri sehingga tidak banyak orang yang memilikinya (harganya pun cukup mahal).  Namun, semakin lama kaos mulai mengalami perkembangan pesat. Seperti di beberapa desa di Jogja pada tahun 1970. Ketika itu banyak orang yang menggunakan kaos berwarna putih (walaupun masih terlihat konvensional). Kaos ini memiliki bahan katun yang tipis dan banyak digunakan oleh kaum pria karena bahannya yang melekat dengan tubuh. Kemudian mulai berkembang beberapa industri kaos dengan berbagai macam desain yang unik. Namun, ada juga beberapa pabrik kaos di Jogja yang focus melakukan pemasaran ke mancanegara sehingga model kaosnya pun juga mengikuti tren di seluruh dunia.

Pabrik Kaos di Jogja yang Semakin Kreatif Berproduksi

Bukan hal yang aneh lagi jika Anda menemui berbagai model unik kaos-kaos di Jogja. Corak warna yang beragam serta harga-harga yang bervariatif pasti membuat Anda sangat tertarik untuk lebih banyak tahu mengenai produksi kaos ini sendiri. Hampir di beberapa daerah terdapat pabrik yang memproduksi kaos dengan desain yang berbeda. Jogja dengan banyaknya destinasi wisata menjadikan bisnis produksi kaos sangat menguntungkan. Mudah dibawa dan cocok digunakan siapa saja membuat banyak wisatawan yang datang ke Jogja mencari kaos sebagai oleh-oleh untuk kembali. Selain itu, secara geografis Jogja merupakan daerah dengan suhu panas untuk beberapa tempat menjadikan kaos sebagai alternatf pakaian agar mudah digunakan dalam keadaan apapun. Pabrik kaos di Jogja juga tidak hanya memproduksi kaos sebagai oleh-oleh, namun juga bisa memproduksi dalam jumlah massal untuk berbagai kepentingan. Maraknya industri ini juga menguntungkan masyarakat karena banyak menyerap Sumber Daya Manusia (SDM) sekitar untuk bekerja di industri.

Membangun Industri Kaos di Jogja Merupakan Peluang Emas

Banyak orang yang tidak menyadari bisnis kaos merupakan lading emas dengan tingkat pemasaran yang mudah, apalagi di kota besar seperti Jogja. Hal ini ditandai semakin banyak outlet yang menjual kaos dengan harga yang bersaing. Menunjukkan banyaknya industri kaos yang menjual produknya dengan harga yang variatif. Berikut keunggulan memiliki industri kaos di Jogja :

  1. Lokasi Startegis dengan Banyak Peminat

Siapa yang tidak mengenal Jogja ? Kota dengan segala peninggalan sejarahnya yang mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Ini menjadi peluang utama untuk berbisnis di Jogja. Dengan banyaknya orang yang datang ke Jogja maka semakin luas peluang untuk menawarkan produk yang bermacam-macam.

  1. Pemasaran Produksi yang Sangat Luas

Bisnis kaos tidak hanya terpaku pada satu kota saja. Anda bisa mengembangkan bisnis ini hingga ke luar negeri juga. Anda bisa menyesuaikan konsep desain khas Jogja sebagai ikonik jenis perusahaan Anda dan ini juga memiliki nilai jual tersendiri.

  1. Produk Tanpa Batasan Gender

Pakaian menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari pakaian yang cocok digunakan untuk gender apapun. Selain menjadi tren fashion tersendiri, model pakaian seperti itu cocok jika akan digunakan orang lain. Dan kaos menjadi solusinya. Style-nya yang tidak dibatasi gender membuat siapa saja bisa menggunakannya. Bahkan sekarang sudah berkembang model kaos berpasangan yang sedang digandrungi muda-mudi.

  1. Tidak Mati Dimakan Waktu

Nilai tambah dari kaos adalah karena kaos tidak akan ‘kuno’ untuk digunakan beberapa tahun kedepan. Bahannya yang simple dan nyaman akan tetap terlihat menarik bagi konsumen meskipun tahun terus berganti.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *