SABLON JOGJA

SABLON JOGJA

ALAT ALAT DAN BAHAN DALAM MENCETAK SABLON JOGJA

 

Alat dan bahan merupakan salah satu bagian yang harus ada ketika akan mencetak sablon. Alat dan bahan ini memiliki beragam bentuk dan jenisnya. Masing masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Alat dan bahan yang digunakan antara lain : rakel, meja sablon/meja ukur, tempat tinta sablon, alat afrdruk, dan catok.

Rakel merupakan alat sablon yang digunakan untuk menyapu tinta sablo di screen sehingga bisa merata. Hal tersebut dilakukan agar tinta yang menembus pori pori screen dapat menempel pada media yang disablon. Ada beberapa jenis rakel antara lain rakel jenis keras (A90, U85, V90), rakel jenis sedang (A80), rakel jenis lunas (F65, F75).

Meja sablon dan meja ukur digunakan dalam menyablon media sablon. Posisi meja menentukan tingkat presisi atau ketepatan dalam menyablon. Meja sablon yang baik sebaiknya bidang datar.

Tempat tinta sablon digunakan untuk mencampur obat. Tempat tinta sablon bisa menggunakan toples, ember, mangkuk, dan gelas. Tempat pencampuran bisa berpegaruh terhadap tingkat homogenitas pencampuran.

Alat afdruk adalah alat yang membantu dalam media pengafdrukan. Bisa menggunakan kaca penekan, busa dan triplek. Fungsinya agar kertas desain menempel erat pada screen sehingga proses pengadrukan dapat berjalan dengan lancar.

Catol digunakan untuk mencatok screen sehingga mudah untuk diangkat/ditutup kembali pada posisi tertentu. Biasanya bentuknya seperti daun telinga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *