Produksi Kaos Jogja dan Cara Menilai Kualitas Kaos Terbaik

 

Produksi kaos Jogja menghasilkan berbagai macam kaos dengan bahan, model dan desain yang bervariasi. Saat ini, kaos merupakan pakaian wajib yang dimiliki oleh setiap orang. Setidaknya, masing-masing dari mereka memiliki 2-3 kaos di lemari pakaiannya. Kaos banyak dipilih karena simple dan tidak membuat pemakainya kesulitan untuk bergerak. Bagi orang yang aktif, memakai kaos tidak akan membuat mereka kegerahan.

Menilai Kualitas Kaos Terbaik

Pada umumnya, terdapat 4 hal yang selalu dijadikan ketentuan oleh pabrik atau distro dalam memproduksi kaos. Empat hal tersebut juga bisa digunakan untuk memberi penilaian terhadap kualitas kaos, yang mana terdiri dari:

Bahan Kaos

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis bahan kaos yaitu cotton combed, cotton carded, tetteron cotton cotton viscose dan polyester. Tapi, bila dilihat dari kualitasnya, bahan kaos yang paling bagus dan nyaman ialah cotton combed karena terbuat dari serat kapas alami 100%. Bahan ini juga memiliki karakter yang halus, dingin dan dapat menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dipakai untuk beraktifitas.

Cotton combed juga mempunyai serat benang yang halus dan rajutannya pun rapi, apalagi melewati proses carding (penyisihan kain dari benang-benang kasar) dan combing (penyisihan bulu-bulu sisa). Bahan cotton combed terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu 20s, 24s, 30s serta 40s. Bahan ini ditawarkan oleh produksi kaos Jogja sebagai pilihan terbaik.

Jahitan Kaos

Pastikan jahitan kaos yang diterapkan rapi dan tidak melenceng. Jahitan kaos yang baik biasanya berpola rantai di bagian bahu belakang. Jahitan tersebut dihasilkan oleh mesin jahit jarum dua rantai yang biasanya digunakan untuk membuat kaos-kaos distro. Fungsi dari jahitan kaos dua rantai ialah supaya bahu atas sebagai penghubung kerah dan lengan terlihat lebih rapi.

Sablon Kaos

Saat Anda memilih kaos bergambar, perhatikan kualitas sablonnya, sebab terdapat berbagai macam tinta sablon yang umum digunakan. Masing-masing tinta tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tinta sablon sendiri terbagi menjadi dua, yakni water based (berbasis air) dan oil based (berbasis minyak).

Tinta water based sering menjadi andalan oleh para konveksi, terutama untuk keperluan sablon kaos blok warna karena paling pas dan terjangkau. Selain itu, bahannya lebih fleksibel, elastis serta mudah diracik.

Sementara tinta oil based dipakai untuk sablon kaos model raster atau separated (spotted color/bergradasi). Kadang, tinta tersebut juga digunakan untuk sablon high-density atau timbul padat.

Pola Jahitan Kaos

Kaos nyaman memiliki bentuk yang bisa menyesuaikan anatomi tubuh si pemakai. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat pola kaos di bagian kerah dan ketiak.

Arti Angka dan Huruf Pada Jenis Kain Katun

Bahan katun combed diproduksi dengan tingkat ketebalan dan rajutan yang beragam, sesuai permintaan pasar. Untuk membedakan, pada masing-masing jenisnya diberi simbol angka, seperti 20, 24, 30 dan 40. Angka-angka tersebut menunjukkan kerapatan benang yang diterapkan pada proses perajutan. Semakin besar angkanya, semakin tipis pula bahan dan rajutannya, begitu sebaliknya. Tapi, saat ini tidak sedikit konveksi yang sengaja merajut bahan dengan ketebalan yang tidak umum, seperti 28, 32 dan 34.

Sementara perbedaan rajutan dilihat menurut jumlah jarum yang dipakai, jarum tunggal (single knitt) atau jarum ganda (double knitt) yang kemudian disingkat menjadi ‘s’ dan ‘d’. Huruf tersebut biasanya diletakkan di belakang angka-angka ketebalan sebagai petunjuk jenis rajutan apa yang digunakan.

Karakter rajutan single knitt tergolong renggang dan mulur. Jenis rajutan ini digunakan oleh sebagian besar konveksi kaos. Sedangkan rajutan double knitt lebih rapat, lentur serta tebal dan bisa digunakan secara bolak-balik. Biasanya bahan rajutan ‘d’ ini digunakan untuk pakaian anak dan bayi.

Kaos merupakan pakaian yang paling laris di pasaran saat ini. Kaos sendiri dijual dengan harga bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga paling mahal, tergantung kualitasnya. Tapi, bila Anda menginginkan kaos yang nyaman dan tahan lama, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli kaos distro atau branded. Meski keduanya dipatok dengan harga mahal, namun kualitasnya belum tertandingi, apalagi dibuat langsung oleh produksi kaos Jogja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *